Master Yoda, Legenda Hidup Galaksi


"Lakukan atau tidak lakukan, tidak ada kata coba"
- Master Yoda -

Salah satu Force-Sensitive terkuat yang pernah hidup. Menjabat sebagai Grand Master di Orde Jedi hingga berdirinya Kekaisaran Galaktik, menjadikannya salah satu tokoh penting dalam sejarah galaksi. Berguru kepada Master Jedi N'Kata Del Gormo, Yoda memiliki kemampuan luar biasa dalam hal pertarungan lightsaber dan teknik yang sesuai dengan postur tubuhnya. 

Tugas sehari-hari Yoda di Kuil Jedi adalah melatih para muda-mudi Jedi agar mampu menjadi penjaga perdamaian & keamanan di galaksi. Yoda mendapatkan tingkat Grand Master saat berusia 98 tahun. Setelah Invasi Naboo, Yoda merasakan berbagai gejolak di dalam Force, merasakan bahaya yang besar bagi galaksi, tetapi dia tidak begitu memedulikannya. 

Perasaan Yoda betul, Perang Klon pecah membuat para Jedi harus memimpin Tentara Besar Republik melawan Konfederasi Sistem Merdeka. Kanselir Palpatine lalu menjalankan Perintah 66 untuk menghancurkan Jedi. Yoda merasakan dia telah gagal dalam memimpin Orde. Dia lalu mengasingkan diri ke Dagobah dimana dia akan melatih murid terakhirnya, Luke Skywalker. setelah selesai melatih Luke menjadi seorang Jedi, Yoda meninggal dan bergabung bersama Force. 

Komentar

Postingan Populer