Imperial Navy, Eksekutor Kekaisaran


" ........... Anda adalah bagian dari angkatan laut terhebat yang pernah terbentuk. Kekuatan Kekaisaran terletak pada militer dan Angkatan Laut Kekaisaran mewujudkan bagian paling elit dan terpercaya dari kekuatan itu. Hanya yang terbaik, yang paling disiplin, yang diterima di jajaran kami. Kami yang melayani Kaisar di Angkatan Laut Kekaisaran telah menjadikan Kekaisaran ini kekuatan yang tak tertahankan, yang mencakup galaksi seperti sekarang ini. "
- Laksamana Armada Holt - 


Imperial Navy atau Angkatan Laut Kekaisaran, juga dikenal sebagai Armada Bintang Kekaisaran, Armada Kekaisaran dan juga secara informal disebut sebagai " kepanjangan tangan Kekaisaran", adalah cabang tempur antariksa Militer Kekaisaran Galaktik. Pada puncaknya, mereka mengerahkan ribuan kapal perang, kapal logistik, dan prajurit, menjadi salah satu angkatan laut terbesar dalam sejarah dan mempertahankan kendali Kekaisaran di seluruh galaksi. Angkatan Laut Kekaisaran dibentuk dari Angkatan Laut Republik di Republik Galaktik pada 19 BBY, sebagai bagian dari kampanye Imperialisasi Palpatine selama kebangkitan Kekaisaran. Di awal pembentukannya, Angkatan Laut terdiri dari kapal perang Republik selama Perang Klon seperti kapal induk kelas-Venator,. Sebelum akhirnya digantikan dengan kapal induk kelas-Imperial. Sama seperti ARC-170 yang dipakai di awal-awal Kekaisaran hingga seluruh skuadron diganti dengan pesawat tempur TIE. Angkatan Laut Kekaisaran adalah salah satu militer paling tangguh yang pernah ada dalam sejarah Galaksi, terdiri dari ribuan kapal perang, pesawat tempur dan pesawat angkut, yang diawaki oleh triliunan awak kapal. Armada andalannya, kapal induk Star Destroyer dan Super Star Destroyer dan serangkaian pesawat tempur TIE menjadi simbol Kekaisaran yang paling terlihat bagi penduduk sipil galaksi.

Propaganda Angkatan Laut Kekaisaran 
Angkatan Laut Kekaisaran terdiri atas ribuan kapal perang seperti kapal induk Imperial I dan Imperial II,  kelas-Executor I dan kelas-Executor II, kelas-Victory, dan kelas-Venator diawal-awal masa Kekaisaran. Juga ada kapal penjelajah kelas Gozanti, Arrestor, dan Arquitens. Pesawat tempur TIE adalah pesawat tempur utama Angkatan Laut yang memiliki berbagai varian seperti TIE Interceptor, TIE Defender, TIE Bomber, dan TIE Avenger, disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing armada.

Armada yang terkenal diantara Angkatan Laut adalah Armada Ketujuh di bawah komando Laksamana Besar Thrawn di Sistem Lothal dan Death Squadron dibawah komando langsung Darth Vader. DS-1 Orbital Station atau Death Star juga berada di bawah wewanang Angkatan Laut sebagai perisai terdepan stasiun tersebut. 
Armada Kekaisaran di Planet Lothal 

Para Grand Moff dan Moff Kekaisaran juga 
memiliki kewenangan atas sejumlah armada angkatan laut seperti Grand Moff Tarkin yang memimpin seluruh Lingkaran Terluar tentu membutuhkan armada dalam jumlah besar untuk menegakkan kekuasaan Kekaisaran di wilayah tersebut. Juga ada Gubernur Lothal, Arihnda Pryce yang bersama Laksamana Thrawn untuk menjaga Lothal tetap bernaung dibawah Kekaisaran. 
Armada Kekaisaran menjadi salah satu angkatan laut terbesar dalam galaksi. Dengan jumlah kapal perang yang besar membuat mereka mampu mengirimkan armada kemanapun di galaksi dalam waktu singkat. Ditambah para kadet-kadet muda Kekaisaran yang ditempah di berbagai Akademi Kekaisaran di seluruh galaksi. Angkatan Laut menjadi simbol kekuatan & prestise Kekaisaran Galaktik selama mereka berkuasa digalaksi ini.

Komentar

Postingan Populer